Social Icons

Jumat, 05 Juli 2013

UNPK Paket A, B dan C Periode II 2013 Telah Selesai

Setelah berlangsung selama empat hari (dimulai Senin 1 Juli 2013), pelaksanaan Ujian Nasional Periode II 2013 sekota Cimahi akhirnya selesai kemarin (Kamis, 4 Juli 2013) berpusat di SMKN 1 Cimahi, Jln. Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan.

Dalam UNPK Periode II ini ratusan warga belajar yang berasal dari berbagai PKBM dan SKB se-Kota Cimahi mengikuti ujian yang terdiri dari tujuh mata pelajaran. Peserta dari PKBM At-Tajdid sendiri berjumlah 10 warga belajar, setelah pada periode sebelumnya sejumlah 10 warga belajar juga. 

Sebagaimana diberitakan klik-galamedia.com, sebelumnya, pada periode I sebanyak 677 siswa program Paket C di Kota Cimahi telah mengikuti ujian nasional pendidikan kesetaraan (UNPK) 2013. Pelaksanaan UNPK berbarengan dengan 8.608 siswa SMA/SMK/MA, 15-18 April yang lalu.



Suasana di sela-sela UNPK Paket C Periode I - Foto: Dokumentasi pribadi Regha Rizkya


Meski hasil UNPK Paket C periode pertama secara umum memang kurang menggembirakan, karena jumlah ketidaklulusan yang cukup tinggi (yaitu sekurangnya 300 siswa atau sekitar 40% dari seluruh peserta UNPK Paket C), tapi bagi PKBM At-Tajdid sendiri--alhamdulillah--hasilnya cukup memuaskan karena seluruh WB PKBM At-Tajdid yang mengikuti UNPK Paket C periode pertama lulus dengan nilai yang cukup memuaskan. Hal ini jelas merupakan kabar gembira tidak hanya bagi warga belajar yang menjadi peserta, tetapi juga bagi pihak penyelenggara PKBM At-Tajdid, karena seluruh usaha, jerih payah dan pengorbanan yang menyertai proses pembelajaran selama ini seolah terbayarkan.


Tentu saja bukan berarti kelulusan menjadi satu-satunya target kami selaku penyelenggara, jalan panjang masih terbentang bagi para warga belajar untuk terus meniti cita-cita dan mengembangkan potensi mereka. Bagaimana pun, kelulusan dalam UNPK kemarin merupakan salah satu jembatan dalam upaya terus-menerus dalam pembangunan kemandirian mereka, sebuah pengakuan dari Dinas Pendidikan Nasional bahwa meski proses pembelajarannya melalui jalur non-formal, tetapi hasil belajarnya telah setara dengan mereka yang mengikuti jalur formal (sekolah). Dengan diakuinya keberhasilan salah satu tahap pembelajaran para warga belajar ini oleh lembaga yang berwenang dalam bidang pendidikan di negara ini, diharapkan semakin terbuka pula kesempatan mereka untuk terus menggali potensi dan mengembangkan diri mereka dalam berbagai bidang, baik yang masih berkaitan dengan dunia pendidikan pada khususnya, maupun bidang ekonomi, sosial, dan berbagai bidang kehidupan masyarakat lainnya.

Suasana di sela-sela UNPK Paket C Periode I - Foto: Dokumentasi pribadi Regha Rizkya


Semoga saja, para warga belajar yang baru saja menyelesaikan UNPK periode dua kemarin pun mendapatkan peluang yang sama juga, dengan sama-sama lulus dan berhasil dalam Ujian Nasional 2013 ini.
UNPK Paket C Diikuti 677 Siswa di Kota Cimahi. .:[Close][Klik 2x]:. Sebanyak 677 siswa program Paket C di Kota Cimahi akan mengikuti ujian nasional pendidikan kesetaraan (UNPK) 2013. Pelaksanaan UNPK berberangan dengan 8.608 siswa SMA/SMK/MA, 15-18 April mendatang. Menurut Sekretaris Panitia UN Kota Cimahi, Guntur Priambada yang pelaksanaan UNPK Paket C akan dipusatkan di SMKN 1 Cimahi, Jln. Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan. "Ruangan yang dipakai sebanyak 34 ruang dan diawasi sekitar 70 pengawas," katanya di kantor Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kota Cimahi, kompleks Pemkot Cimahi, Jln. Demang Hardjakusumah, Kamis (11/4), Dikatakan Guntur, pelaksanaan UNPK Paket C dilakukan setelah UN siswa SMA/SMK/MA. Ia mengatakan, jika pada hari pertama UN bagi siswa SMA/SMK/MA berlangsung satu mata uji pelajaran, yakni antara pukul 07.30 sampai 09.30 WIB, maka siswa Paket C dilaksanakan setelah jam pertama tersebut. Ia menambahkan, pelaksanaan UN sekolah formal akan diikuti sebanyak 8.608 peserta. Jumlah tersebut, lanjutnya, terdiri dari 2.829 siswa SMA dari 16 sekolah, 5.511 siswa SMK dari 22 sekolah dan 268 siswa MA dari 7 sekolah. Menurut Guntur, siswa sebanyak itu akan menempati 436 ruangan yang tersebar di sejumlah sekolah di Kota Cimahi, yaitu 146 ruangan di SMA, 17 ruangan MA, dan 275 ruangan SMK. Mengenai kesiapan siswa, katanya, bisa dikatakan sudah maksimal. Hal itu karena setiap sekolah sudah melakukan persiapan UN seperti melakukan try out, pemantapan materi dan evaluasi megenai standar kompetensi dan kompetensi dasar yang dilakukan sekolah. (B.35)** http://www.klik-galamedia.com/unpk-paket-c-diikuti-677-siswa - #KabarCimahi - http://kabar.cimahicybercity.com/2013/04/unpk-paket-c-cimahi-diikuti-677-siswa.html

2 komentar: