Social Icons

Minggu, 11 November 2012

Pameran Meriahkan Hari Aksara Internasional

Meski Hari Aksara Internasional (HAI) sebetulnya jatuh pada tanggal 8 September, rangkaian acara untuk memeriahkan HAI ke-47 masih terus berlangsung sampai bulan ini, diantaranya dua acara yang terkait dengan kegiatan keaksaraan di Propinsi Jawa Barat di Lembang, Kabupaten Bandung Barat.
Dinas Pendidikan (Disdik) Propinsi Jabar menyelenggarakan pameran Pendidikan Non-Formal dan Informal (PNFI) yang diikuti Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) se-Jawa Barat. Bertempat di Gedung Ahass Lembang, acara berlangsung selama tiga hari yaitu tanggal 5 sampai dengan 7 Nopember yang lalu, dengan panitia pelaksana sekaligus tuan rumah Disdik Kabupaten Bandung Barat.



Dalam pameran tersebut, ditampilkan informasi mengenai berbagai kegiatan PNFI terutama produk-produk unggulan dari Kelompok Belajar Usaha (KBU) yang ada di lingkungan setiap PKBM, yang ternyata cukup beragam, mulai dari produk fashion, tataboga, sampai dengan produk variasi mobil yang merupakan salah satu produk dari KBU PKBM At-Tajdid.



Keragaman produk-produk KBU yang berasal dari masyarakat tersebut sebetulnya menunjukkan jika produk komunitas pada dasarnya memiliki potensi untuk bersaing dalam memenuhi kebutuhan pasar, sayangnya masih kurang tersosialisasikan, karena pada umumnya pengelola KBU masih kurang memiliki kemampuan dan pengalaman dalam mempromosikan produk-produknya. Pameran produk PNFI kemarin pun seharusnya bisa menjadi ajang promosi bagi KBU-KBU kepada masyarakat dan kalangan dunia usaha, sayangnya pengunjung pada acara tersebut tampaknya kebanyakan masih berasal dari kalangan internal Dinas Pendidikan, dan kurang tersosialisasikan kepada masyarakat umum maupun kalangan dunia usaha yang dapat menjadi pasar potensial bagi produk-produk komunitas ini.

Diklat Tutor Keaksaraan

Selain acara pameran PNFI tadi, dilaksanakan juga Diklat Tutor Keaksaraan yang diselenggarakan oleh Forum Komunikasi (FK) Tutor Keaksaraan Jawa Barat pada tanggal 6 sampai dengan 8 Nopember. Acara yang diikuti oleh tutor keaksaraan se-Jawa Barat tersebut dilaksanakan di Vila Teratai, Cikole Lembang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar