Social Icons

Selasa, 16 Oktober 2012

Proposal Permohonan Beasiswa

Ilustrasi: Proposal
Sebelum menulis proposal permohonan beasiswa, hal pertama yang harus dilakukan adalah menemukan informasi mengenai lowongan beasiswa terbaru. Sulitkah mencari informasi tentang beasiswa? Tentu saja tidak. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di mana saja.

Beberapa sarana yang bisa Anda kunjungi untuk mendapatkan informasi lowongan beasiswa diantaranya yaitu:

Institusi tempat anda belajar
Sarana paling mudah untuk mendapatkan informasi beasiswa adalah dari institusi tempat Anda belajar. Sebaiknya Anda rajin memperhatikan papan pengumuman untuk mendapatkan informasi beasiswa.
Atau langsung menghubungi bagian kemahasiswaan/kesiswaan, karena merekalah yang mengurus berbagai hal yang terkait dengan masalah kemahasiswaan/keiswaan termasuk masalah beasiswa.



Biro kesra pemerintah Daerah
Pemerintah Daerah (Pemda) baik Provinsi maupun Kabupaten memiliki alokasi dana khusus untuk beasiswa bagi putra daerah setiap tahunnya. Biasanya hal ini ditangani oleh Biro Kesra.
Beasiswa Pemda ini biasanya diberikan untuk mahasiswa S1 dan S2. Ada juga beasiswa khusus untuk penyusunan tesis dan skripsi. Informasi detil mengenai beasiswa Pemda ini bisa langsung menghubungi Biro Kesra di Pemerintah Daerah Anda.

Lembaga kemanusiaan / Keagamaan
Lembaga Kemanusiaan dan atau Keagamaan biasanya juga memberikan beasiswa pada siswa maupun mahasiswa yang membutuhkan. Masing-masing lembaga memiliki persyaratan dan kriteria tertentu bagi calon penerima beasiswa.

Beberapa lembaga kemanusiaan dan keagamaan yang memberikan bantuan beasiswa contohnya: Dompet Duafa Republika, Badan Amil Zakat, Rumah Zakat, Yayasan-yayasan Sosial baik yang bersifat keagamaan maupun umum.

Perusahaan Swasta
Pada dasarnya setiap perusahaan swasta khususnya Perusahaan besar/multinasional harus memiliki alokasi dana sosial dan pendidikan sebagai bentuk sumbangsih mereka bagi pembangunan sumberdaya manusia masyarakat di sekitar perusahaan tersebut. Oleh karena itu tidak ada salahnya anda memasuki kantor-kantor perusahaan swasta dan menanyakan langsung peluang beasiswa ke sana. Internet dan Media masa

Sarana lain untuk mendapatkan informasi beasiswa adalah melalui media masa baik cetak maupun elektronik. Lebih mudah lagi bergerilya informasi beasiswa di internet. Anda bisa cari di google atau langsung mengunjungi website lembaga atau institusi yang rutin memberikan beasiswa pada insan pendidikan.

Persyaratan Beasiswa

Masing-masing lembaga atau institusi pemberi beasiswa menetapkan persyaratan yang berbeda untuk calon penerimanya. Namun persyaratan yang umumnya diminta oleh lembaga pemberi beasiswa diantaranya: Transkip Nilai/Buku Rapor, Kartu Mahasiswa/Kartu Pelajar, Surat Keterangan Ekonomi Lemah, dan lain sebagainya.

Jadi sebelum menysusn proposal permohonan beasiswa ada baiknya Anda mempersiapkan terlebih dahulu persyaratan yang diminta oleh lembaga pemberi beasiswa.

Proposal Beasiswa

Proposal permohonan beasiswa bisa Anda susun sendiri mengaju pada sistematika proposal secara umum. Jika kesulitan menyusun Anda bisa mencari contoh proposal permohonan beasiswa dari internet. Namun, biasanya beberapa institusi memberikan format khusus dan seragam bagi para bakal calon penerima beasiswa.


Dikutip dari: http://tipjitu.blogspot.com/2012/01/proposal-permohonan-beasiswa-bergerilya.html, Proposal Permohonan Beasiswa: Bergerilya Beasiswa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar